Perpustakaan UNG Beri Penguatan Metode Pencarian dan Sitasi Jurnal Ilmiah Bagi Mahasiswa

Gambar: Foto bersama perwakilan Perpustakaan UNG bersama pemateri usai kegiatan Penguatan Metode Pencarian dan Sitasi Jurnal Ilmiah dalam Meningkatkan Standar Kualitas Akademik. Selasa (3/09/2024) (Foto Istimewa).

TNews, UNG – Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kegiatan Bincang Literasi “Penelusuran Artikel Ilmiah” Penguatan Metode Pencarian dan Sitasi Jurnal Ilmiah Dalam Upaya Meningkatkan Standar Kualitas Akademik, Selasa (3/9/2024) bertempat di Lantai 4 Gedung Perpustakaan UNG.

Kepala UPA Perpustakaan UNG, Dr. Ismet Sulila, SE., M.Si, menekankan bahwa pelaksanaan kegiatan ini menjadi sangat penting, untuk menjelaskan kepada pemustaka khususnya kepada para mahasiswa, tentang beberapa metode yang efektif untuk digunakan dalam pencarian referensi.

“Baik itu dalam bentuk buku ataupun e-book koleksi digital, maupun dalam bentuk e-jurnal atau jurnal elektronik, yang memang disiapkan selama ini oleh UNG,” ujar Ismet.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini akan menjawab serta membantu para mahasiswa dalam meningkatkan standar, dan memenuhi standar kualitas penulisan karya ilmiah, sesuai dengan pedoman penulisan karya ilmiah di lingkungan UNG.

Sementara itu, Ketua Jurusan Bahasa Inggris FSB UNG, Dr. Abid, S.S, MA TESOL juga sekaligus selaku narasumber, menyampaikan bahwa dengan penguatan metode penelusuran dan Sitasi karya ilmiah, akan membantu mahasiswa dalam menghadapi masa tugas akhir dengan baik, dan sesuai standar akademik.

“Dengan kegiatan ini diharapkan pertama mereka akan punya kemampuan untuk mencari artikel-artikel berkualitas sebagai bahan karya ilmiah. Kemudian kedua mereka bisa melakukan Sitasi dengan baik, dan yang ketiga mereka mulai membiasakan diri menggunakan platform Reference Manager seperti Zotero, dan Mendeley dan lain sebagainya untuk memudahkan mereka menulis karya ilmiah,” pungkasnya.*

Peliput: Alwi Kakoe

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *