Tingkatkan Minat Menulis, UPA Perpustakaan UNG Gelar Bedah Buku

Gambar: Foto bersama Jajaran UPA Perpustakaan bersama pemateri dan tamu undangan usai kegiatan Bedah Buku. Kamis (03/10/2024) (Foto Istimewa).

TNews, GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dalam hal ini Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan UNG, melaksanakan kegiatan Bedah Buku dengan tema Menguatkan Minat Menulis Untuk Mendukung Merdeka Belajar, Kamis (3/10/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pertemuan Lt. 4 Gedung Perpustakaan UNG tersebut, dibuka secara resmi oleh Rektor UNG yang diwakili Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan UNG, Dr. Mohammad Hidayat Koniyo, ST., M.Kom.

Menurut Hidayat, dalam beberapa tahun terakhir, UNG terus berupaya untuk mendorong dan meningkatkan minat menulis buku maupun karya ilmiah, bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan UNG.

“Sehingga hari ini ada tiga buku yang akan dibedah hari ini, masing-masing dari Fakultas Sastra dan Budaya (FSB), Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Hukum (FH),” ungkapnya.

Oleh karena itu, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat, sekaligus menunjukkan bahwa UNG terus berupaya menjadi lebih baik, dalam hal melahirkan karya-karya maupun tulisan yang dibuat dalam bentuk buku, dengan tujuan untuk menambah pemahaman serta literasi bagi para pembaca.

“Sehingga kami akan terus mendorong hal ini, dan InsyaAllah kedepannya kita akan melakukan upaya-upaya, salah satunya seperti setiap fakultas itu minimal ada 1 (satu) buku. Jadi kalau di UNG ada 13 fakultas dengan pascasarjana, maka setiap tahunnya kita akan menerbitkan sebanyak 13 buku,” terangnya.

Sementara itu, Kepala UPA Perpustakaan UNG, Dr. Ismet Sulila, SE, mengatakan bahwa, disamping untuk mempromosikan karya ilmiah dosen, lewat kegiatan ini juga diharapkan dapat mmemberikan respon dari para akademisi terkait soal koreksi, agar dijadikan perbaikan di masa yang akan datang.

“Kami juga berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi dosen lain untuk dapat berkarya menulis buku dan mempublikasikan keilmuwannya. Sehingga dengan demikian diharapkan publikasi buku karya dosen itu, dapat benar-benar menjadi kontribusi nyata bagi dunia pendidikan bagi masyarakat dan juga universitas,” pungkasnya.*

Peliput: Alwi Kakoe

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *