UNG Beri Penguatan Manajemen SDM bagi UMKM di Desa Bongo

Gambar: Foto kegiatan Bimbingan Teknis penguatan aspek manajemen dan Sumber Daya Manusia Bagi UMKM di Desa Bongo. (Foto Istimewa) (28/9/2024).

TNews, KOTA GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melalui Program Pemberdayaan Desa Binaan (PPDB) Direktorat Riset, Teknologi Pengabdian Kepada Masyarakat, menyelenggarakan Bimbingan teknis (Bimtek) Penguatan Aspek Manajemen dan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Wisata Religius Bongo, Sabtu (28/9/2024).

Ketua Tim Pelaksana Program, Dr. Ismet Sulila, SE, mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini, pihaknya ingin membangkitkan para pelaku UMKM di Desa Wisata Religius Bongo, yakni UMKM Lusiana Cookies dan UMKM Karawo Nirwana.

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa UMKM itu, tidak henti-hentinya harus kita dorong. Sehingga mudah-mudahan hal ini juga tidak lepas dari perhatian pemerintah, termasuk pihak kampus dan juga stakeholder lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Dr. Weni A. Dungga, berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas dan motivasi para pelaku UMKM di Desa Wisata Religius Bongo.

“Sehingga kedepan ini kita harapkan akan memajukan usaha mereka,” tambahnya.

Sementara itu, Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNG, Dr. Yuszda K. Salimi, S.Si, M.Si, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh tim pelaksana program pemberdayaan desa binaan, khususnya yang ada di Desa Wisata Religius Bongo.

“Masyarakat sangat antusias, sehingganya kami berharap ini dapat berkelanjutan dan ditingkatkan lagi sehingga akan bernilai ekonomi, serta bermanfaat untuk masyarakat dan UMKM itu sendiri,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Penjabat (Pj) Kepala Desa Bongo, Yamin menyampaikan ucapan terimakasih kepada UNG yang telah mendorong peningkatan ekonomi bagi para pelaku UMKM, khususnya UMKM yang ada di Desa Wisata Religius Bongo.

“Kami juga berharap support dari pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan para pelaku UMKM. Sehingga InsyaAllah kedepannya kegiatan-kegiatan seperti ini juga bisa kembali dilaksanakan,” pungkasnya.

Selain itu, melalui kesempatan tersebut tim pelaksana, pemerintah desa dan UMKM mitra juga mengucapkan terimakasih kepada Direktorat riset dan pengabdian kepada masyarakat dan LPPM-UNG.*

Peliput: Alwi Kakoe

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *