Komitmen Nyata untuk Lingkungan: PLN Nusantara Power dan Pemprov Gorontalo Gelar CCU di Pantai Blue Marlin

Gambar : PLN Nusantara Power bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan bersih-bersih pantai (Coastal Clean Up) di Pantai Blue Marlin, Gorontalo. (Foto : Gean Bagit), (5/6/2024).

TNews, KOTA GORONTALO – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional pada Rabu, (5/06/2024.). PLN Nusantara Power bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan bersih-bersih pantai (Coastal Clean Up) di Pantai Blue Marlin, Gorontalo. Acara ini adalah bagian dari Nusantara Volunteering Program (NVP) yang dilaksanakan di 33 lokasi sekitar unit pembangkit PLN NP di berbagai daerah di Indonesia.

Berbagai instansi ikut turut ambil bagian dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan yang berlangsung sepanjang Juni 2024, dengan target pengumpulan sampah mencapai 19,8 ton.

PLN Nusantara Power menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo, dihadiri oleh Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin, Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia dan Administrasi Karyawan Aji, Sekda Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Gorontalo Faizal Lamakaraka, Anggota DPR-RI Dapil Provinsi Gorontalo Idah Syaidah Rusli Habibie, dan berkolaborasi dengan Tanggidaa Group, sebuah komunitas yang berfokus pada penanganan sampah dan kebersihan lingkungan. Tanggidaa Group ialah komunitas yang didukung oleh PLN Nusantara Power UPDK Gorontalo, nan sekaligus merupakan kelompok bakti sosial terbesar di Gorontalo.

Pj. Gubernur Gorontalo, Mohammad Rudy Salahuddin, mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya terhadap keberhasilan acara tersebut. Dia juga memberikan penghargaan kepada PLN Nusantara Power yang menjadi inisiator acara ini yang memberikan manfaat positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Terima kasih Saya kepada PLN Nusantara Power yang telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan Coastal Clean Up hari ini. Kegiatan ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran dan komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ungkap Mohammad Rudy Salahuddin.

Sebagai bagian dari komitmennya terhadap tanggung jawab sosial, PLN NP melibatkan seluruh karyawan dalam NVP untuk berkontribusi dalam menyelesaikan tantangan sosial dan lingkungan. Dampak positif dari keterlibatan ini akan dirasakan oleh perusahaan, karyawan, dan masyarakat.

Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah, juga menegaskan keseriusan perusahaan dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan, terutama di wilayah tempat fasilitas pembangkit listrik PLN NP beroperasi.

“Sebagai perusahaan pembangkit listrik terkemuka di Asia Tenggara, kami tidak hanya menghasilkan energi listrik berkualitas untuk penduduk Indonesia, tetapi juga berkomitmen untuk melestarikan lingkungan, termasuk melalui program Carbon Capture and Utilization (CCU) yang diluncurkan hari ini sebagai bagian dari inisiatif Nusantara Volunteering Program perusahaan kami,” ujar Ruly.

Dengan jumlah pegawai sebanyak 4.842 orang, PLN NP memanfaatkan berbagai kompetensi yang dimiliki untuk mendukung pencapaian SDGs melalui kegiatan sukarela di masyarakat. NVP berperan aktif dalam memaksimalkan potensi tersebut dengan menggerakkan partisipasi karyawan dalam berbagai kegiatan sukarela di tengah masyarakat.

“Kami merasa bangga melihat partisipasi lebih dari 1.000 orang dalam kegiatan membersihkan pantai di Gorontalo hari ini. Keberhasilan ini mendorong kami untuk melanjutkan kegiatan serupa di tempat lain. Selama bulan Juni, seluruh relawan PLN Nusantara Power akan terus beraksi dalam Coastal Clean Up di seluruh wilayah nusantara,” tambah Ruly.

Aktivitas CCU Gorontalo ini di dalamnya terdapat serangkaian kegiatan, termasuk pengumpulan, pemilahan, penimbangan langsung, dan pameran produk yang dihasilkan dari pengelolaan sampah.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, diresmikan pada Konferensi Stockholm 1972 oleh Majelis Umum PBB, menegaskan komitmen global untuk melindungi ekosistem bumi.*

Peliput: Gean Bagit

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *