Darmawan Duming Sarankan Pengisian Jabatan ASN Sesuai Latar Belakang Pendidikan

Gambar : Darmawan Duming, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Gorontalo, (27/1/2024).

TNews, KOTA GORONTALO – Anggota DPRD Kota Gorontalo, Darmawan Duming, menyarankan agar pengisian setiap jabatan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo harus diisi berdasarkan latar belakang pendidikan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, hal ini sangat penting agar para ASN dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan maksimal. Pasalnya, mereka akan lebih memahami tupoksinya jika sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

“Kami ingin dalam menata ASN ini betul-betul sesuai dengan disiplin ilmu,” ujar Darmawan.

Darmawan mencontohkan, seorang ASN yang berlatar pendidikan guru sebaiknya ditempatkan di Dinas Pendidikan, bukan di Dinas Pariwisata. Hal ini agar ASN tersebut dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan bidang keilmuannya.

Meski begitu, Wakil Ketua Komisi A ini tetap memberikan pengecualian. Jika ada jabatan yang mengalami kekosongan dan terdapat seorang ASN yang dinilai mampu mengisinya, maka tidak jadi masalah.

“Memang ada pengecualian, tapi kalau kebijakan itu sifatnya umum, saran kami lihat dulu displin ilmu supaya dia bisa bekerja maksimal,” tegasnya.

Saran Darmawan tersebut disambut baik oleh sejumlah pihak. Mereka menilai bahwa hal ini akan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Gorontalo.*

Reporter : Jihan P. Mokoginta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *