Rencana Pembayaran Parkir Non Tunai Kota Gorontalo Dinilai Positif

Gambar : Muksin Brekat Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Gorontalo (27/1/2024).

TNews, KOTA GORONTALO – Rencana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Gorontalo untuk menerapkan pembayaran parkir dengan sistem non tunai melalui aplikasi QRIS mendapat dukungan dari Anggota DPRD Kota Gorontalo, Mucksin Brekat.

Mucksin menilai, rencana tersebut sangat positif dan memiliki sejumlah sisi positif. Pertama, pembayaran parkir dengan sistem non tunai dapat memperkecil kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir.

“Hal ini dikarenakan pembayaran parkir dengan sistem non tunai lebih sulit untuk dimanipulasi,” ujar Mucksin.

Kedua, pembayaran parkir dengan sistem non tunai dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan parkir. Hal ini dikarenakan data transaksi parkir dapat terekam secara digital dan terintegrasi dengan sistem pembayaran lainnya.

“Dengan demikian, pengelolaan parkir dapat dilakukan secara lebih akurat dan transparan,” kata Mucksin.

Ketiga, pembayaran parkir dengan sistem non tunai dapat meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jasa parkir. Pasalnya, pengguna jasa parkir tidak perlu lagi menyiapkan uang tunai untuk membayar parkir.

“Cukup dengan scan kode QR menggunakan aplikasi dompet digital atau Mobile Banking, pengguna jasa parkir sudah bisa membayar parkir,” ujar Mucksin.

Mucksin berharap, rencana tersebut dapat segera direalisasikan. Ia juga meminta agar pemerintah daerah memberikan dukungan penuh, baik dari segi infrastruktur maupun sosialisasi.

“Semoga rencana ini bisa segera direalisasikan demi meningkatkan pelayanan publik dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” tandasnya.*

Reporter : Jihan P. Mokoginta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *