Bersama Komunitas Lokal, PLN Nusantara Power UPDK Gorontalo Gelar Aksi Bersih Hari Peduli Sampah Nasional

Gambar : PLN Nusantara Power UPDK Gorontalo menggelar aksi bersih pantai dengan tajuk "Grebek Sampah" yang berlangsung di Pantai Tamendao, Leato, Kota Timur, Gorontalo, (23/02/2024). (Foto : Istimewa).

TNews, KOTA GORONTALO – Setiap tahunnya, pada tanggal 21 Februari, diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), sebagai pengingat bahwa permasalahan sampah memerlukan perhatian dan harus menjadi prioritas utama dari semua pihak. Kolaborasi seluruh komponen masyarakat menjadi kunci dalam mengatasi dan mengelola persoalan sampah tersebut.

Oleh karena itu sebagai bagian dari komitmennya dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, PT PLN Nusantara Power UPDK Gorontalo mengadakan program aksi bersih berupa “Grebek Sampah”. Dalam program tersebut, PT PLN Nusantara Power UPDK Gorontalo juga turut menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder, termasuk Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Gorontalo, Dinas Lingkungan Hidup Kota Gorontalo, Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo, GRAND Q, Gorontalo Mineral, serta masyarakat lokal. Kegiatan ini berlangsung di Pantai Tamendao, Leato, Kota Timur, Gorontalo, (23/02/2024).

Dalam sambutannya, Manajer PLN Nusantara power UPDK Gorontalo, menyatakan bahwa tindakan grebek sampah telah menjadi fokus perhatian dan tanggung jawab bersama di perusahaan. Oleh karena itu, program ini perlu dilakukan secara kolaboratif.

“Program kepedulian terhadap masalah sampah ini telah kami mulai bersama anak-anak binaan kami dari Tanggidaa Group, yang telah membantu kami mengatasi permasalahan sampah di Provinsi Gorontalo,” ujar Mohammad Iqbal.

Ini menunjukkan tekad dan konsistensi dari PT PLN Nusantara Power UPDK Gorontalo dalam menjaga dan merawat lingkungan, terutama dalam hal mengelola limbah sampah.

Dalam kegiatan gerakan aksi bersih tersebut diperkirakan ada sekitar 200 orang peserta yang turut terlibat dalam kegiatan ini, yang bertujuan membersihkan sampah organik dan anorganik di sekitar pantai Tamendao. Sebagai hasilnya, telah terkumpul 506 kg sampah organik dan 230 kg sampah anorganik.

Pada momentum tersebut pula, PLN Nusantara Power UPDK Gorontalo turut serta memberikan sumbangsih berupa tong sampah kepada Pemerintah Kelurahan Leato Utara.*

Reporter : Gean Bagit

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *