Marten Taha Tegaskan Kepemimpinan Tanpa Intervensi Politik dalam Tata Kelola ASN

Gambar : Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pembinaan Tata Kelola ASN di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo. (Foto : Humas Istimewa).

TNews, KOTA GORONTALO – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menghadiri kegiatan Pembinaan Tata Kelola ASN di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo yang berlangsung di Banthayo Lo Yiladia, Jumat, (19/04/2024).

Dalam sambutannya, Wali Kota Marten Taha menyampaikan bahwa, Pegawai ASN harus memiliki kapasitas dan kapabilitas yang baik dalam menyusun konsep pekerjaan yang dalam hal ini dimulai dari dokumen-dokumen perencanaan kemudian pelaksanaan yang efektif dan efisien.

“ASN harus memiliki integritas dan pertanggungjawaban yang harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ungkap Marten Taha.

“Rangkaian ini apabila dengan baik maka kedudukan pegawai ASN akan memperkuat birokrasi pemerintah dalan pelaksanaan tujuan maupun visi dan misi pemerintah,” sambung Marten.

Lebih lanjut Wali Kota Dua Periode tersebut kembali menuturkan bahwa, pelaksanaan kebijakan Pemerintah oleh Pegawai ASN juga harus didukung oleh kebebasan dari pengaruh dan intervensi semua golongan atau Partai Politik.

“Kita memahami bersama bahwa kebijakan Pemerintah juga tidak bisa terlepas dari kebijakan Politik. Bahkan terdapat sebuah argumen bahwa produk hukum juga merupakan produk politik, namun sebagai elemen birokrasi yang mengimplementasikan nilai dasar maka setiap pegawai ASN wajib untuk mengedepankan nilai-nilai profesionalitas dengan tetap menjunjung ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujar Marten.

Di akhir sambutannya Marten kembali menegaskan bahwa, sebagai kepala daerah yang hampir 10 tahun menjabat, ia tidak pernah sekalipun melibatkan para pegawai ASN untuk terlibat dan berpihak kepada kepentingan golongan dan politik tertentu.

“Sejalan dengan hal itu perlu Saya sampaikan bahwa, selama masa pemerintahan dalam menjabat kepala daerah, tidak pernah mengarahkan ASN untuk berpihak pada kepentingan tertentu baik dalam pelaksanaan tugas sehari-hari maupun dalam momentum pemilihan umum,” pungkas Marten.*

Peliput : Gean Bagit

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *