Sukses Maksimalkan Potensi, Kota Gorontalo Raih Pertumbuhan Ekonomi pada Lima Sektor Usaha

Gambar : Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat memaparkan LKPJ Tahun 2023 di Rapat Paripurna DPRD Kota Gorontalo. (8/3/2024) (Foto : Diskominfo Kota Gorontalo).

TNews, KOTA GORONTALO – Sebagai wilayah yang berfokus pada sektor perdagangan dan jasa, Pemerintah Kota Gorontalo menekankan peningkatan ekonomi sebagai salah satu prioritas utama.

Tindakan yang diambil oleh Pemerintah Kota Gorontalo untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah tidak hanya sebatas rencana. Fakta menunjukkan bahwa pada tahun 2023, terdapat peningkatan pertumbuhan ekonomi pada lima sektor usaha.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, dalam sambutannnya saat rapat paripurna penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2023 di ruang sidang utama DPRD Kota Gorontalo pada Jumat (8/3/2023) malam.

Marten menjelaskan bahwa pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan Kota Gorontalo pada tahun 2023 umumnya berjalan dengan optimal.

Fakta ini diperkuat dengan capaian indikator makro seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 78,64 persen pada tahun 2023, meningkat dari 78,22 persen pada tahun 2022.

Bukan hanya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tambah Marten, pada tahun 2023, terdapat peningkatan pendapatan pada lima kategori lapangan usaha, termasuk sektor perdagangan besar dan eceran reparasi mobil dan motor yang meningkat sebesar 10,43 persen.

Peningkatan juga terlihat pada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 7,52 persen, sektor transportasi dan pergudangan tumbuh sebesar 7,39 persen. Terakhir, sektor jasa kesehatan dan sosial mencatat peningkatan sebesar 6,83 persen.

“Capaian ini menandakan tekad Pemerintah Kota Gorontalo untuk terus mendorong para pelaku usaha melalui program-program kolaboratif guna mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi daerah,” pungkasnya.*

Peliput : Gean Bagit

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *