Mencari Pemimpin Berkualitas : Seleksi Jabatan Tinggi Pratama Beralih ke Sistem Talent Pool

Gambar : N.R Monoarfa Sekretaris Dewan Perwakilan Daerah Kota Gorontalo saat di wawancarai awak media dihalaman Aula Bele Lo Yiladia. Senin (22/4/2024) foto/jihan.

TNews, GORONTALO – Era baru dalam seleksi Jabatan Tinggi Pratama (JTP) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Gorontalo telah dimulai. Sistem lama yang melibatkan kepanitiaan akan digantikan oleh sistem Talent Pool yang dinilai lebih efektif dan terukur.

Menurut Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo, NR Monoarfa, sistem Talent Pool menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan metode sebelumnya. Pertama, sistem ini memungkinkan penilaian yang lebih menyeluruh terhadap calon pemimpin.

“Dengan sistem Talent Pool, semua aspek calon pemimpin akan dipelajari dengan baik, tidak hanya fokus pada tahap wawancara seperti pada metode kepanitiaan,” jelas Monoarfa saat menghadiri pembukaan MTQ Senin malam (22/4/2024).

Kedua, sistem ini menghadirkan pertanyaan-pertanyaan yang berulang dan menjebak, mendorong calon pemimpin untuk memahami materi secara mendalam. “Ada pertanyaan yang menjadi jebakan, dimana pertanyaan yang muncul di awal juga bisa muncul di bagian akhir,” ungkap Monoarfa, yang pernah mengikuti seleksi Talent Pool saat menjadi camat 2017 lalu.

Seleksi dengan sistem Talent Pool akan dilakukan secara online dan terkomputerisasi, menghasilkan skor penilaian yang objektif dan terukur. Diharapkan sistem ini dapat menghasilkan pemimpin ASN yang berkualitas dan kompeten untuk membawa kemajuan bagi Kota Gorontalo.

“Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemimpin ASN di masa mendatang,” tutur Monoarfa.*

Peliput : Jihan Mokoginta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *