Marten Taha dorong Efisiensi Keterlibatan Masyarakat dalam Pendistribusian Logistik Pemilu

Gambar : Wali Kota Gorontalo, Marten Taha bersama jajaran unsur Forkopimda dalam melepas logistik pemilu. (Foto : Diskominfo Kota Gorontalo), (14/2/2024).

TNews, KOTA GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo telah memulai proses pendistribusian logistik untuk pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (14/2/2024). Pelepasan logistik tersebut dilakukan oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, yang didampingi oleh unsur Forkopimda.

Sebelum mengizinkan penyaluran logistik pemilu, Marten yang didaulat untuk memberikan sambutan mengatakan bahwa, pentingnya penggunaan logistik pemilu sebagai alat pendukung yang esensial selama pelaksanaan Pemilu.

Marten menyatakan bahwa logistik Pemilu termasuk dalam kategori yang sensitif pada setiap tahapan proses demokrasi. Oleh karena itu, ia menekankan perlunya pendistribusian logistik dilakukan dengan memperhatikan tiga faktor krusial, yaitu kepatuhan terhadap jadwal, ketersediaan jumlah yang sesuai, dan akurasi dalam penyaluran ke lokasi yang tepat.

“Dan juga harus terdistribusi dalam kondisi yang baik,” tambah wali kota dua periode itu.

Marten berpendapat bahwa jika distribusi logistik dilakukan dengan efisien, itu akan menjadi faktor kunci dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu.

“Unsur yang sangat menentukan, disamping ketersediaan SDM, cuaca yang baik adalah logistik. Kalau logistik terdistribusi tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran, dan terdistribusi dengan kondisi yang baik, maka bisa menjadi kunci awal suksesnya pemilu,” tandas Marten.

Gambar : Wali Kota Gorontalo saat memberikan sambutan dalam pelepasan distribusi logistik pemilu tahun 2024 di Kota Gorontalo. (Foto : Diskominfo Kota Gorontalo).

Oleh karena itu, ia mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu dalam menjaga dan mengawasi pendistribusian logistik Pemilu.

“Menyukseskan Pemilu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi seluruh elemen masyarakat,” ujar Marten.

Lanjut Marten, dirinya mengungkapkan harapannya agar tidak ada halangan yang akan ditemui saat pendistribusian logistik pemilu nanti.

“Terhalang karena kelalaian manusia yang perlu jadi perhatian. Kalau terhalang dengan alam maupun Insya Allah dari pemkot siap untuk mengawalnya. Ada petugas BPBD yang telah disiagakan untuk mengantisipasi ancaman bencana alam dan non alam, sekaligus saat penghitungan suara nanti,” ujar Marten.

Di akhir kesempatannya Marten kembali menambahkan bahwa, upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo untuk mendukung pendistribusian logistik tidak hanya sebatas pada kesiapan petugas BPBD saja, tetapi juga melibatkan aparat di tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Alhamdulillah, pendistribusian juga dikawal oleh Polresta Gorontalo Kota. Insya Allah besok pagi, semua logistik sudah tiba di TPS,” pungkasnya.*

Reporter : Gean Bagit

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *